Hak Pemohon Sertifikasi dan Kewajiban Pemegang Sertifikat LSTP MAPIN

Hak Pemohon

A. Pemohon Sertifikat LSTP MAPIN berhak untuk:

  1. Mendapatkan informasi tentang sertifikasi kompetensi kerja masing-masing bidang okupasi;
  2. Mendapatkan informasi setiap perubahan persyaratan tentang sertifikasi kompetensi kerja masing-masing level sertifikasi;
  3. Mendapatkan penjelasan dan informasi tambahan tentang program-program sertifikasi Tenaga Profesional di LSTP MAPIN;
  4. Menjadi peserta sertifikasi apabila memenuhi syarat yang ditetapkan;
  5. Menyampaikan keluhan dan banding kepada LSTP MAPIN sebagai penyelenggara sertifikasi.
  6. Menyampaikan keluhan kepada BIG atas keluhan dan banding yang telah disampaikan kepada LSTP MAPIN.

B. Peserta Sertifikasi, setelah mengikuti proses sertifikasi dan dinyatakan Kompeten, berhak untuk:

  1. Mendapatkan sertifikat kompetensi kerja sesuai dengan level sertifikasinya;
  2. Mengajukan keluhan dan banding apabila ada ketidaksesuaian tentang keputusan sertifikasi.

C. Pemegang Sertifikat, berhak untuk:

  1. Menggunakan sertifikat sesuai dengan wewenang lingkup sertifikatnya;
  2. Didaftarkan dalam direktori pemegang sertifikat kompetensi sesuai dengan lingkup sertifikatnya di LSTP MAPIN dan BIG.
  3. Mengajukan usulan jenjang kompetensi yang lebih tinggi apabila sudah memenuhi persyaratan sebagaimana dinyatakan dalam skema sertifikasi LSTP Mapin, dengan mengikuti prosedur permohonan dari awal.

Kewajiban Pemegang Sertifikat

A. Sertifikasi oleh LSTP MAPIN tidak dapat menambah atau mengurangi tanggung jawab pemegang sertifikat dalam menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

B. Pemegang Sertifikat wajib untuk:

  1. Menandatangani pernyataan kesepakatan dengan LSTP MAPIN.
  2. Mematuhi semua persyaratan sertifikasi.
  3. Menyampaikan dan menjamin bahwa semua informasi yang diberikan kepada LSTP MAPIN adalah yang terbaru, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Bersedia menjaga kompetensinya dengan terus-menerus mengikuti perkembangan iptek di bidangnya dan belajar mengembangkan pengetahuannya (Continuous Professional Development/CPD).
  5. Memberikan pelayanan kepada klien berdasarkan aturan dan kriteria sertifikasi, pemeliharaan serta menjaga kredibilitas aktivitas sertifikasi profesi.
  6. Bertanggung jawab terhadap semua keluhan terkait sertifikat yang dimiliki.
  7. Menjamin tidak menggunakan sertifikat kompetensi yang dimiliki untuk kepentingan di luar lingkup sertifikat.
  8. Menjamin bahwa sertifikat kompetensi dari LSTP MAPIN tidak akan disalahgunakan.
  9. Menjamin tidak akan menggunakan sertifkat yang dimilikinya untuk keperluan apapun terhitung sejak habis masa berlakunya sertifikat tersebut.

C. Pemegang sertifikat harus memberikan pelayanan yang sesuai dan kerjasama yang memungkinkan LSTP MAPIN dapat memonitor kegiatan yang sesuai dengan standar, regulasi dan Pedoman LSTP MAPIN yang mencakup:

  1. Mengizinkan LSTP MAPIN dan penguji untuk melakukan pengujian, survailen, verifikasi terhadap aktivitas pemegang sertifikat.
  2. Membantu LSTP MAPIN atau personilnya dalam melakukan investigasi dan penyelesaian keluhan pelanggan yang diajukan pihak ketiga tentang kegiatan pemegang sertifikat.
  3. Jika diminta oleh LSTP MAPIN, pemegang sertifikat harus memberikan rekaman keluhan, sanggahan, dan perselisihan serta tindakan koreksinya.