MAPIN Audiensi dengan Kepala BIG

Pengurus Pusat MAPIN pada Kamis 13 April 2017 melakukan audiensi dengan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc. Eng didampingi  para deputi pemetaan dasar dan staf menerima pengurus MAPIN bertempat di Badan Informasi Geospasial, Jl Raya Jakarta Bogor Km. 46 Cibinong. Kepala BIG secara eks officio merupakan dewan penasehat MAPIN. Dengan terpilihnya Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc. Eng sebagai kepala BIG yang baru, pertemuan ini bermaksud melaporkan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Mapin. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Mapin, Prof. Dr. Ir. Dewayany, M.AppSc, bahwa program utama kegiatan MAPIN yang sedang dilaksanakan adalah untuk mendukung program pemerintah di bidang sertifikasi SDM dan peningkatan kapasitas SDM penginderaan jauh dan SIG dalam bentuk kerjasama nasional maupun internasional yang telah dan sedang dilaksanakan.

Beberapa agenda kegiatan MAPIN kedepan juga disampaikan Ibu Dewayany. Yang terdekat 31 Oktober-02 November ini akan dilaksanakan pertemuan ilmiah tahunan, 3rd International conference of Indonesian Society for Remote sensing/PIT XXIII yang rencananya akan kami laksanakan di Semarang.  Ibu Dewayany  juga mewakili komisariat Jawa tengah meminta Pak Kepala untuk bersedia menjadi Keynote Speaker pada acara Tersebut. Dalam kesempatan itu juga MAPIN memperkenalkan 2 (dua) lembaga yang telah dibentuk dibawah kepengurusan MAPIN yaitu Lembaga Sertifikasi Tenaga Profesional MAPIN (LSTP MAPIN) dan Lembaga Pelatihan MAPIN (LP-MAPIN).

Dalam kesempatan itu Bapak  Kepala BIG menyarankan perlunya peran mapin dalam mendukung program program nasional pemerintah yang sedang dan akan dijalankan oleh BIG, seperti program satu peta, satu sertifikat. Kepala juga mengusulkan kepada Lembaga Pelatihan Mapin untuk terus mengadakan pelatihan pelatihan guna meningkatkan kapasitas SDM nasional antaranya dengan membuat pelatihan kepada pejabat pejabat daerah supaya bisa memahami dan membaca peta citra satelit untuk pembangunan daerahnya sendiri. Pertemuanpun ditutup dengan saling jabat tangan dan foto bersama.

You must be logged in to post a comment Login